17 Agustus, Ketika Semua Kemeriahan Harus Kembali di Maknai

Rental Mobil Banjarbaru – 17 Agustus adalah momentum bagi kita semua untuk kembali memaknai tentang arti kemerdekaan. Sudah lazim bagi kita semua warga Indonesia akan menyaksikan berbagai kemeriahan pra 17 Agustus. Berbagai gelaran lomba biasanya dilaksanakan untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Tak peduli itu di kota maupun di desa, kemeriahan pastilah terasa. Minimal, kita akan menyaksikan bendera merah putih berkibar di setiap depan rumah.

Termasuk juga di sekitaran Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kota kecil yang terus berkembang mengukuhkan eksistensinya sebagai kota yang layak dan nyaman huni. Dari tempat yang jauh ini, kami hanya bisa menyapa lewat teks. Betapa kami bangga menjadi bagian dari NKRI. Tak terbayangkan seandainya kita belum merdeka, hari-hari yang sibuk dengan peperangan. Waktu demi waktu dengan pemandangan jerit dan tangis korban desing peluru.

Kita sudah merdeka. Indonesia sudah merdeka. Marilah kita memaknai kemerdekaan itu dengan semangat kerja yang baik. Semangat belajar yang baik. Semangat menjadi warga negara yang baik. Saling menjaga persatuan dan kesatuan. Kerukunan umat beragama dan lain-lain yang sepantasnya untuk dijaga.

Apalah arti panjat pinang jika tak bisa memaknai perjuangan dibaliknya. Apalah arti kemerdekaan jika tak pandai menjaganya.

Khususnya di Banjarbaru, di tanah Banjar ini. Marilah bersama kita menjaga rasa damai dan nyaman di kota tempat kita berada. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Indonesia tetap raya, Indonesia tetap jaya. Banjarbaru, kota tercinta.

Bagaimana memaknai 17 Agustus tentunya tak bisa diterjemahkan hanya dalam makna tunggal. Setiap diri kita memiliki caranya masing-masing. Ada yang perlu dengan perayaan apel bendera. Demikian sebaliknya, ada yang tidak perlu apel bendera sambil menyanyikan Indonesia Raya. Setiap kita, memiliki caranya masing-masing. Namun, setiap perbedaan cara tersebut, bukan menjadi alasan kita untuk bertikai.

Akhir kata, sekali merdeka tetap merdeka. Jangan sampai kita lengah dengan segala macam hasutan dan upaya-upaya jahat yang bisa membuat kita semua terpecah belah. Dari Kota Banjarbaru ini, kami ingin berterimakasih kepada siapa saja, terimakasih atas jasa-jasa kalian untuk kemerdekaan ini.

Social tagging: > >

Leave a Reply